Sabtu, 09 Agustus 2008

Yuki Hime / Yuki Nyobo / Snow Wive

Dahulu kala terdapatlah seorang pemuda yang hidup seorang diri. Pemuda itu tinggal di suatu daerah yang terkenal banyak sekali turun saljunya. Suatu hari, ia sedang bekerja membuat sandal jerami di dalam rumahnya. Saat itu salju sedang turun dengan lebatnya. Melihat hal tersebut, tiba-tiba sang pemuda berkata, “Ah, alangkah bahagianya bila aku bisa mendapatkan seorang istri yang cantik jelita dan berkulit putih seperti salju itu!” Setelah itu ia pun kembali bekerja di dalam rumahnya.

Malam harinya, ketika ia sedang tertidur, tiba-tiba dari arah pintu depan terdengar suara ketukan.

“Siapa gerangan yang datang pada malam-malam begini?” kata sang pemuda dalam hati.

Ketika dibukanya pintu depan rumahnya, ia sangat terkejut karena yang datang adalah seorang gadis berkulit putih yang sangat cantik jelita. Sang gadis itu berkata, “Jadikanlah aku istrimu!”

Mendengar hal itu ia hampir tidak dapat percaya pada apa yang dilihat dan didengarnya. Baru siang tadi ia berharap untuk mendapatkan seorang istri yang cantik jelita dan berkulit putih laksana salju, dan kini dihadapannya berdiri seorang gadis yang cantik seperti harapannya. Karena sang pemuda hanya diam dan tak kunjung menjawab, sang gadis pun berkata,

“Apakah engkau tidak menyukai aku?” tanyanya lirih.

“Oh, tidak! Aku sangat suka kepadamu, tapi masuklah dahulu” jawab sang pemuda dengan gugup. Maka sejak saat itu sang pemuda pun mendapatkan seorang istri sesuai dengan harapannya.

Istrinya tersebut sangat rajin bekerja. Sang suami sangat bahagia karenanya. Namun, ada suatu keanehan dari istrinya tersebut. Sang istri tidak pernah mau mandi. Beberapa kali sang suami meminta agar istrinya mandi, dengan halus ditolak oleh sang istri tersebut. Akhirnya sang suami meminta tolong pada seorang pelayan wanita agar mengantarkan sang istri untuk mandi dalam bak air hangat. Perlahan-lahan dilepaskannya baju dan semua hiasan rambut sang istri, lalu dimintanya untuk masuk ke dalam bak air hangat. Setelah itu ditinggalkannya ia sendirian agar dapat berendam dalam bak dengan santai. Tetapi keanehan kembali terjadi. Lama sekali sang istri tidak juga keluar dari dalam kamar mandi. Beberapa kali sang suami memanggilnya dari luar tetapi tak juga kunjung ada jawaban dari istrinya. Akhirnya dibukalah kamar mandi itu tetapi ia hanya bisa menemukan pakaian dan beberapa perhiasan sang istri saja. Sedangkan sang istri hilang entah kemana.


Judul asli: Yuki Nyobo (Istri Salju) berasal dari Nagano.

Antonius R. Pujo Purnomo, M.A. KAGUYA-HIME Kumpulan Cerita Rakyat Jepang Pilihan. Era Media. 2007

Tidak ada komentar: